"Di tunggu yaa..traktirannya" antara senang dan bingung yaaa gan...apalagi klo ultahnya pas tanggal tua...hehee.. Langsung deh kita cari tempat makan/restoran yang pas buat acara spesial ini.
Acara spesial, Arisan, Reunian, Acara kantor atau cuma sekedar kumpul bareng keluarga di sebuah restoran, pastinya ga sekedar menu makanan enak yang dicari tapi juga harapan klo pelayanan yang diberikan memuaskan apalagi sampai pada lebih dari yang diharapkan. wow..Josss..Gandos.. Menu yang enak tapi klo pelayanannya buruk tentunya jadi masalah juga yaa..gan. contohnya : tidak ramah, pelayanan lama, pesanan lambat keluar, salah pesan, tidak tanggap atas permintaan, merasa tidak dilayani, dll.
Untuk itulah Standar Pelayanan Restoran atau SOP Restoran sangat diperlukan bagi sebuah restoran agar hal-hal demikian dapat dihindarkan atau paling tidak di minimalisir.
SOP restoran bertujuan agar masing-masing staf mempunyai tugas dan tanggung jawab serta mempunyai arahan dalam melakukan pekerjaannya dengan baik dan sesuai keinginan perusahaan. Staf di berikan penjelasan step by step dalam SOP/pelayanan standar agar lebih faham, terbiasa dan dapat bertindak secara Spontan serta berinisiatif dalam pelayanan terhadap tamu. Adanya SOP juga membantu setiap atasan langsung dalam pengawasan dan mencari sebab terjadinya permasalahan dalam operasional restoran.
SOP restoran yang ane coba jelaskan berdasarkan PENGALAMAN ane, adalah standar pelayanan bagi staf service/server bagian depan terdiri dari :
1. Cara Opening/Buka Restoran.
2. Cara Closing/Tutup Restoran.
3. Cara Menyambut Customer.
4. Tugas Resepsionis.
5. Tugas Waiter/Waitress.
6. Tugas Kasir Restoran.
7. Tugas Pantry/Food Runner.
8. Tugas Supervisor Restoran.
9. Tugas kapten Restoran.
yang berkaitan dengan operasional restoran juga akan coba ane jelaskan diantaranya :
1. Cara Menerima Reservasi Restoran.
2. Cara Menerima Pesan antar/Delivery.
3. Cara menangani Komplain Costumer/Tamu.
4. dan lainnya.
Restoran yang ane maksud disini setaraf outlet atau cabang dimana jabatan yang ada terdiri dari Supervisor outlet, captain, resepsionis, kasir dan server (waiter/waitrees). Biasanya restoran ini terdapat di mall, jadi tidak ada bagian cleaning service/house keeping seperti di restoran besar sehingga setiap staf berperan/bertanggung jawab dalam kebersihan area restoran.
SOP masing-masing staf akan ane jelaskan dalam artikel berikutnya gan...semoga bermanfaat.
salam sukses.
Acara spesial, Arisan, Reunian, Acara kantor atau cuma sekedar kumpul bareng keluarga di sebuah restoran, pastinya ga sekedar menu makanan enak yang dicari tapi juga harapan klo pelayanan yang diberikan memuaskan apalagi sampai pada lebih dari yang diharapkan. wow..Josss..Gandos.. Menu yang enak tapi klo pelayanannya buruk tentunya jadi masalah juga yaa..gan. contohnya : tidak ramah, pelayanan lama, pesanan lambat keluar, salah pesan, tidak tanggap atas permintaan, merasa tidak dilayani, dll.
Untuk itulah Standar Pelayanan Restoran atau SOP Restoran sangat diperlukan bagi sebuah restoran agar hal-hal demikian dapat dihindarkan atau paling tidak di minimalisir.
SOP restoran bertujuan agar masing-masing staf mempunyai tugas dan tanggung jawab serta mempunyai arahan dalam melakukan pekerjaannya dengan baik dan sesuai keinginan perusahaan. Staf di berikan penjelasan step by step dalam SOP/pelayanan standar agar lebih faham, terbiasa dan dapat bertindak secara Spontan serta berinisiatif dalam pelayanan terhadap tamu. Adanya SOP juga membantu setiap atasan langsung dalam pengawasan dan mencari sebab terjadinya permasalahan dalam operasional restoran.
SOP restoran yang ane coba jelaskan berdasarkan PENGALAMAN ane, adalah standar pelayanan bagi staf service/server bagian depan terdiri dari :
1. Cara Opening/Buka Restoran.
2. Cara Closing/Tutup Restoran.
3. Cara Menyambut Customer.
4. Tugas Resepsionis.
5. Tugas Waiter/Waitress.
6. Tugas Kasir Restoran.
7. Tugas Pantry/Food Runner.
8. Tugas Supervisor Restoran.
9. Tugas kapten Restoran.
yang berkaitan dengan operasional restoran juga akan coba ane jelaskan diantaranya :
1. Cara Menerima Reservasi Restoran.
2. Cara Menerima Pesan antar/Delivery.
3. Cara menangani Komplain Costumer/Tamu.
4. dan lainnya.
Restoran yang ane maksud disini setaraf outlet atau cabang dimana jabatan yang ada terdiri dari Supervisor outlet, captain, resepsionis, kasir dan server (waiter/waitrees). Biasanya restoran ini terdapat di mall, jadi tidak ada bagian cleaning service/house keeping seperti di restoran besar sehingga setiap staf berperan/bertanggung jawab dalam kebersihan area restoran.
SOP masing-masing staf akan ane jelaskan dalam artikel berikutnya gan...semoga bermanfaat.
salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar