Rabu, 16 Maret 2016

Tugas Resepsionis Restoran

Resepsionis di sebuah restoran sama halnya dengan di perkantoran atau dalam sebuah lingkungan perusahaan adalah sebagai penerima tamu dan pemberi informasi paling pertama.
Resepsionis Restoran mampu berperan penting dalam hal memberikan kesan pertama bagi customer/tamu yang datang, maka dari itu sebagai seorang resepsionis sangat perlu di berikan penegasan bahwa mereka adalah salah satu pencitraan bagi perusahaan, yap..walaupun setiap staf juga merupakan wakil dari pencitraan sebuah perusahaan.
Kenapa demikian gan?..karna menurut ane cara staf bersikap dan memberikan pelayanan walaupun hanya sebatas informasi, akan memberikan kesan yang berarti bagi costumer dan Resepsionislah yang berperan pertama kalinya.
bayangkan jika kita datang di salah satu restoran namun kita tidak dilayani atau informasi yg kita butuhkan diberikan secara acuh tak acuh...wah pastinya kita merasa sebel yaa gan..
Customer menurut ane terbagi 2 yaitu 1. Customer Internal, ialah mereka yang datang berkunjung dan melakukan transaksi atau makan direstoran, customer ini bisa kita tindaklanjuti untuk menjadi Tamu Langganan. yang ke 2. Customer Eksternal, Ialah mereka yang datang berkunjung namun belum melakukan transaksi atau makan direstoran, mereka datang masih dalam taraf mencari tahu tentang restoran, menu yang ada atau paket makan dan lainnya. Customer Eksternal inilah yang juga harus diperhatikan, karna merekalah yang nantinya akan menambah jumlah Customer internal kita.
Tugas Resepsionis Restoran dalam Operasional Restoran, step by stepnya terdiri dari :
1. Menerima/Menyambut Tamu.
2. Menanyakan jumlah Tamu yang datang.
3. Mengantar tamu ke meja sesuai jumlahnya.   
4. Memberikan Buku Menu.
5. Memberi tanda kepada waiter/waitress perihal jumlah tamu.
6. Mencatat dalam buku kunjungan tamu.  
Tugas dan tanggung jawab Resepsionis lainnya yang dapat diberikan adalah membukukan data kunjungan harian tamu, membukukan/mencatat surat masuk, menerima dan mencatat reservasi, menerima telepon, menerima take away/pesan bawa pulang dan menerima delivery order/pesan antar.
Beberapa penunjang dalam pekerjaan Resepsionis dapat kita berikan Buku Tamu Harian, Buku Kunjungan Tamu, Buku Reservasi dan Buku Surat Masuk.
PENTING nih gan. Seorang Resepsionis harus di berikan informasi dan penjelasan detil berkaitan syarat dan ketentuan, Produk/Menu, Promosi Restoran, Paket Menu/Paket Acara yang tersedia, Fasilitas yang ada, Cara menerima Reservasi dan membukukannya, Cara menerima Telepon yang baik dan Cara menerima Take away/Delivery Order supaya tidak ada salah pemberian informasi sehingga pelayanan terdepan menjadi handal.
Demikian gan Tugas Resepsionis Restoran. semoga dapat membantu. untuk penjelasan lebih lanjut mengenai step by stepnya, silahkan mengisi kolom komentar.
Terima kasih.
Salam Resto!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL PILIHAN

Standar Operasional Restoran

"Di tunggu yaa..traktirannya" antara senang dan bingung yaaa gan...apalagi klo ultahnya pas tanggal tua...hehee.. Langsung deh ki...