Selasa, 17 September 2019

BERSTATUS KARYAWAN BARU? JANGAN TAKUT DAN PESIMIS! PASTIKAN KAMU LAKUKAN 4 HAL INI.

BERSTATUS KARYAWAN BARU?
JANGAN TAKUT DAN PESIMIS!
PASTIKAN KAMU LAKUKAN 4 HAL INI.

Sebagai seorang karyawan baru dalam perjalanannya memasuki lingkungan yang masih belum begitu familiar tentunya membutuhkan waktu untuk beradaptasi, baik beradaptasi dengan pekerjaan maupun dengan rekan kerja yang lain.

Apalagi bagi kalian yang fresh graduate atau baru banget lulus dari sekolah, kalian harus menyadari bahwa dunia sekolah dan dunia kerja sangatlah berbeda.

Proses penyesuaian diri ini sangat penting bagi kalian sebagai karyawan baru. Karena jika proses penyesuaian diri ini tidak berjalan dengan baik, maka akan berpengaruh terhadap perkembangan pekerjaanmu selanjutnya.

1. DISIPLIN KERJA.

Sebagai seorang karyawan baru, disiplin kerja adalah nomor satu. Meski mungkin ini juga berlaku bagi karyawan yang sudah lama. Namun untuk karyawan baru, sebaiknya hal ini jadi perhatian serius. Jangan sampai kalian yang masih baru bekerja di sebuah perusahaan bermasalah dengan kedisiplinan dalam bekerja. (Suka telat, sering sakit/Izin dan atau terlalu santai).
Jika kalian tidak disiplin dalam pekerjaan, padahal kalian masih baru dalam pekerjaan tersebut, maka dengan sendirinya kalian akan mendapatkan penilaian negatif baik dari rekan kerja lain maupun dari atasan. Dan tentunya itu sangat buruk untuk kelanjutan bekerja kalian nantinya.

2. HORMATI KARYAWAN SENIOR

Bagaimanapun juga kalian harus tetap menghormati karyawan lain yang senior. Menghormati pada yang lebih senior tidak akan membuat kalian menjadi hina atau rendah. Justru sikap kalian tersebut akan membuat karyawan senior tersebut menaruh simpati pada kalian, sehingga mereka tidak segan untuk membantu kalian saat menghadapi kesulitan pekerjaan yang belum kalian fahami.

3. BANGUN KOMUNIKASI DENGAN REKAN KERJA DAN ATASAN

Komunikasi sangat penting dalam sebuah pekerjaan. Apalagi kalian adalah seorang karyawan yang masih baru, maka sebaiknya kalian bangun komunikasi dengan karyawan lain semaksimal mungkin, jangan menjadi pendiam, bersikap santun, ramah dan menghargai orang lain.
Jika kalian pandai bergaul maka akan lebih memperlancar hari harimu menjalani pekerjaan ditempat kerja tersebut.

Cara yang bisa kalian lakukan adalah misalnya saat bersama dalam istirahat jam kerja, atau bisa juga dengan sebelum atau sepulang kerja, ngobrol2 ringan, tanya hobi, sharing pengalaman dll.
Hal Ini sangat bagus untuk meningkatkan dan mempercepat keakraban kalian dengan karyawan yang lain.

4. KEINGINAN UNTUK MAU BELAJAR DAN BERTANYA.

Sebagai seorang karyawan baru, kalian biasanya akan diberikan training/pelatihan tentang tugas dan tanggung jawab pekerjaan. Jangan malas belajar dan bertanya jika tidak memahami tugas yang diberikan, Jadilah pribadi yang antusias dalam menerima masukan dari atasan maupun rekan kerja dan pribadi yang agresif dan inisiatif dalam bekerja.
Karna pasti akan ada banyak sekali yang bisa kalian pelajari sebagai sarana pendukung kelancaran pekerjaan kalian.

Gimana?
Sudah tidak takut dan pesimis lagikan?
Buat kamu yang saat ini menjadi seorang karyawan baru, Selamat ya..dan semoga lancar dan sukses dalam meniti karir.
Aamiin...

Semangat!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL PILIHAN

Standar Operasional Restoran

"Di tunggu yaa..traktirannya" antara senang dan bingung yaaa gan...apalagi klo ultahnya pas tanggal tua...hehee.. Langsung deh ki...